- Pengertian Reliabilitas
Telah
banyak diterangkan bahwa dalam persyaratan sebuah tes, reliabilitas merupakan
hal yang berhubungan dengan masalah kepercayaan. Suatu tes dapat dikatakan
mempunyai taraf kepercayaaan yang tinggi jika tes tersebut dapat memberikan
hasil yang tetap. [1]
Kata
reliability berasal dari kata rely yang artinya kepercayaan dan reliable
yang artinya dapat dipercaya[2]
Dapat
disimpulkan bahwa reliabilitas adalah suatu tes yang mana mampu menunjukkan
konsistensi hasil pengukurannya yang diperlihatkan dalam taraf ketepatan dan
ketelitian hasil dari suatu tes
tersebut. [3]
suatu
pengukuran dikatakan reliable atau dikatakan mempunyai reliabilitas yang
tinggi, jika pengukuran dilakukan berulang-ulang dengan alat yang sama terhadap
objek dan subjek yang sama, namun tetap menghasilkan data yang relative sama.
Sebagai ilustrasi, mohammad (1996) memberikan contoh bahwa meteran merupakan
alat ukur yang dapat mengukur panjang atau lebar objek secara ajeg. Pengukuran
panjang meja belajar, misalnya dapat dilakukan dengan penggaris secara
berulang-ulang, dengan hasil pengukuran yang relative sama, tanpa bergantung
pada waktu dan orang yang melakukan pengukuran. Ia menambahkan bahwa pengukuran
dibidang pendidikan tidak selayaknya seperti karet. Dalam pengukuran panjang,
karet dapat menghasilkan kelebihan beberapa cm, tetapi pada waktu yang lain
dapat berkurang beberapa cm. [4]
Metode Penentuan Taraf
Reliabilitas Suatu tes
Untuk menentukan reliabelitas suatu instrument dapat
menggunakan berbagai metode antara lain: test-retest (koefisien stabilitas),
bentuk parallel, belah dua, kuder-Richardson ke 20. Ke 21 dan koefisien Alpha.
Masing-masing metode dibahas sebagai berikut:
- Test retest (tes retest method)
Koefisien
stabilitas atau Test resert ini suatu tes dipakai dalam dua kesempatan
pengukuran. Pengukuran dapat dilacak dengan cara memberikan instrument yang
sama kepada sekelompok subjek yang sama dua kali.
Kondisi
waktu pengukuran dan ulangannya diusahakan agar kurang lebih sama. Misalnya
waktu pengukurannya sama (kedua pengukuran tersebut dilaksanakan antara pukul
08.00-10.00) lama pengukurannya sama (90 menit), aturan tata tertib sama,
pengawasnya sama dan sebagainya. Demikian pula kelompok siswa yang dilibatkan
pada pengukuran satu dan ulangannya juga sama, kemudian hasil pengukurannya
dari dua kesempatan tersebut diperbandingkan dengan menggunakan teknik
statistic tertentu.
Skor
yang diperoleh peserta pada tes I dikorelasikan dengan skor yang diperoleh pada
tes II. Besar kecilnya koefisien korelasi yang diperoleh menunjukkan tingkat
reliabilitas dari tes tersebut.
Waktu
RETEST
Cara
test retest mempunyai beberapa kelemahan , yaitu:
- Jangka waktu yang terlalu pendek antara tes I dan II dapat memberikan practiceeffect
- Jangka waktu yang terlalu lama berarti memberikan kesempatan kepada subjek untuk berkembang terus.
- Kurang efektif, karena harus dua kali pelaksanaan pengukuran.
- Sulit menciptakan kondisi yang sama dalam penyelenggaraan dua kali tes.
Contoh
perhitungan
Tabel:
Data test retest kemampuan Tatbiq Taqwim
|
No
|
X1
|
X2
|
X1
|
X2
|
X1
|
X2
|
X1x2
|
|
1
|
20
|
22
|
0.3
|
1.8
|
0.09
|
3.24
|
0.54
|
|
2
|
19
|
20
|
-0.7
|
-0.2
|
0.49
|
0.0
|
1.14
|
|
3
|
22
|
22
|
2.3
|
1.8
|
5.29
|
3.24
|
4.14
|
|
4
|
17
|
18
|
-2.7
|
-2.2
|
7.29
|
4.84
|
5.94
|
|
5
|
24
|
24
|
4.3
|
3.8
|
18.49
|
14.44
|
16.34
|
|
6
|
17
|
16
|
-2.7
|
-4.2
|
7.29
|
17.64
|
11.3
|
|
7
|
20
|
21
|
0.3
|
0.8
|
0.09
|
0.64
|
0.24
|
|
8
|
15
|
17
|
-4.7
|
-3.2
|
22.09
|
10.24
|
15.04
|
|
9
|
24
|
23
|
4.3
|
2.8
|
18.49
|
7.84
|
12.04
|
|
10
|
19
|
19
|
-0.7
|
-1.2
|
0.49
|
1.44
|
0.84
|
|
|
197
|
202
|
|
|
80.1
|
63.6
|
66.6
|
Keterangan:
X1 = skor tes pertama meanX1=197:10=19.7
X2= skor tes kedua meanX2= 202:10=20.2
X1= simpangan perskor dari meanX1
X2= simpangan perskor dari meanX2
Koefisiensi korelasi dapat dicari dengan rumus
∑x1x2
√∑x12
∑x22
66.6
√80.1x63.6
66.6
√5094.36
66.6
√71.37
= 0.933
- Koefisien Ekuivalen
Ekuivalen dimaksudkan sebagai
kesepadanan atau kesejajaran antara instrument yang satu dengan instrument
lainnya yang keduanya akan digunakan untuk mengukur variable yang sama.
Koefisien ekuivalen dilacak dengan cara mengkorelasikan dua perangkat skor
hasil pengukuran dengan instrument I dan II. Jika angka kolerasinya tinggi,
kedua instrument tersebut dapat dikatakan sepadan atau ekuivalen. Ada beberapa
cara untuk melacak koefisien keajegan internal, yaitu:
1.
Cara belah dua
Satu tes dipakai dalam satu pengukuran
pada sekelompok siswa, hasil dari satu tes dibagi atau dibelah menjadi dua
bagian, yakni bagian pertama yang dapat berupa hasil atau skor yang berasal
dari item-item bernomor gasal, dan bagian kedua berasal dari item-item bernomer
genap, mengkorelasikan dua perangkat skor yang menghasilkan tingkat
reliabilitas separoh instrument.
Rumus Spearman Brown:
2 x Reliabilitas
separoh tes
1 + reliabilitas
separoh tes
Contoh penghitungan
Pada table disajikan data distribusi
skor tes dari sepuluh pserta denagn 10 butir sebagai persiapan untuk
penghitungan konsistensi internal belah dua.
Jumlah skor belahan ganjil dan genap
kemudian di masukkan pada table berikutnya dan dilakukan penghitungan lebih
lanjut sebagai persiapan untuk memperoleh kkoefisien korelasi belah dua.
Kelompok ganjil dan genap
|
subjek
|
Nomer Butir
|
Belahan gjl – gnp
|
X
|
|||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
||||
|
A
|
1
|
1
|
2
|
2
|
1
|
0
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
9
|
8
|
17
|
|
B
|
0
|
0
|
2
|
1
|
0
|
0
|
2
|
2
|
1
|
2
|
0
|
1
|
|
5
|
6
|
11
|
|
C
|
0
|
0
|
2
|
2
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
2
|
0
|
0
|
|
5
|
4
|
9
|
|
D
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
0
|
0
|
2
|
2
|
2
|
1
|
0
|
|
8
|
8
|
16
|
|
E
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|
8
|
9
|
17
|
|
F
|
0
|
0
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
|
8
|
7
|
15
|
|
G
|
1
|
0
|
1
|
1
|
2
|
2
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
4
|
4
|
8
|
|
H
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
|
3
|
2
|
5
|
|
I
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
12
|
11
|
23
|
|
J
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
4
|
3
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Belahan
gnj = jumlah skor pada butir
1+3+5+7+9+11
Belahan
gnp = jumlah skor pada butir
2+4+6+8+10+12
X
= jumlah skor pada
keseluruhan butir
r
= ∑ X1 X2
√∑
x12 ∑x12
70.8
√72.34 x 75.6
√5468.904
√73.98
=
0.957
|
No
|
X1
|
X2
|
X1
|
X2
|
X12
|
X22
|
X1X2
|
|
1
|
9
|
8
|
2.4
|
1.8
|
5.76
|
3.24
|
4.32
|
|
2
|
5
|
6
|
-1.6
|
-0.2
|
2.56
|
0.04
|
0.32
|
|
3
|
5
|
4
|
-1.6
|
-2.2
|
2.56
|
4.84
|
3.52
|
|
4
|
8
|
8
|
1.4
|
1.8
|
1.96
|
3.24
|
2.52
|
|
5
|
8
|
9
|
1.4
|
2.8
|
1.96
|
7.84
|
3.92
|
|
6
|
8
|
7
|
1.4
|
0.8
|
1.96
|
0.64
|
1.12
|
|
7
|
4
|
4
|
-2.6
|
-2.2
|
6.76
|
4.84
|
5.72
|
|
8
|
3
|
3
|
-3.6
|
-4.2
|
12.96
|
17.64
|
15.12
|
|
9
|
12
|
11
|
5.4
|
4.8
|
29.16
|
23.04
|
25.92
|
|
10
|
4
|
3
|
-2.6
|
-3.2
|
6.76
|
10.24
|
8.32
|
|
|
66
|
62
|
|
|
72.34
|
75.6
|
70.8
|
Keterangan:
X1
= skor belahan ganjil meanX1 =
66:10 = 6.6
X2
= skor belahan genap meanX2 =
62:10 = 6.2
X1
= simpangan perskor dari meanX1
X2
= simpangan perskor dari meanX2
Data
tersebut selanjutnya dimasukkan kedalam rumus korelasi yang telah dikemukakan
untuk memperoleh korelasi separoh soal.
r
= ∑x1x2
√∑x12∑x2
2
Dengan menggunakan rumus Spearman Brown:
2 x Reliabilitas
separoh tes
1 + reliabilitas
separoh tes
2 x 0.957
1 + 0.957
1.914
1957
2. Rumus
kuder-Richardson (KR) ke- 20 dan 21
Dengan
metode kuder-richardson akan diperoleh koefisien reliabilitas suatu tes yang
tinggi apabila distribusi skor-skor yang diperoleh dari tes tersebut merupakan
distribusi normal. Dengan kata lain taraf kesukaran cenderung cukupan dan
sekelompok peserta tes merupakan kelompok yang cukup heterogen (deviasi
standarnya cukup besar).
Data-data
yang diperlukan untuk menggunakan metode ini:
a. Harga
atau prestasi rata-rata dari kelompok, yang dinyatakan dalam mean (M)
b. Devisiasi
standar dari kelompok (S)
c. Taraf
kesukaran dari setiap item (IK=p)
d. Jumlah
item (n)
Rumus
Kuder-Richardson:
a) KR
20
Sx2
Dimana K= jumlah butir dalam instrument
P= proporsi individu yang menjawab suatu butir
dengan benar
q= proporsi individu yang
menjawab salah (atau q = 1-p)
pq = varian dari satu butir
yang di skor
Sx2= varian skor
total
[1] Suharsimi arikunto, dasar-dasar
Evaluasi pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 1987), hal. 81
[2] Purwanto, Evaluasi Hasil
Belajar, (Surakarta: Pustaka Belajar, 2011), hal. 155
[3] Masidjo, penilaian Pencapaian
hasil belajar Siswa di Sekolah, (Yogyakarta: kanisius, 1995), hal. 209
[4] Muhammad ainin dkk, Evaluasi
dalam Pembelajaran Bahasa Arab, (malang: Misykat, 2006),hal. 32
No comments:
Post a Comment